Wednesday, November 13, 2019

Dr. KH. Ahmad Dimyathi Badruzzaman, MA. Terpilih kembali menjadi Ketua Umum MUI kota Depok periode 2019 - 2024



RADARDEPOK.COM, DEPOK – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V di Aula Gedung MUI Kota Depok, Selasa (12/11).

Tampak hadir sejumlah tokoh dalam Musda tersebut, di antaranya Ketua Umum MUI Kota Depok KH. Ahmad Dimyati Badruzzaman, Ketua Umum MUI Jawa Barat KH. Rachmat Syafe’i, Walikota Depok Mohammad Idris, Kepala Kementerian Agama Kota Depok, Asnawi, dan sejumlah unsur pimpinan ormas Islam.

Pengurus Harian MUI Kota Depok Periode 2015-2019, H. Bahrudin Toyib menuturkan, hasil Musda MUI Depok diawali pembukaan dan dilanjutkan laporan pertanggung jawaban dari pengurus lama berlanjut dengan demisioner kepengurusan MUI Periode 2015-2019.

Kemudian, sebelum pemilihan ketua umum dan pengurus harian terlebih dahulu diadakan sidang komisi yang membahas program-program MUI ke depan, dan disahkan pimpinan sidang. Dilanjutkan pembentukan tim formatur terdiri dari sebelas orang, yakni ketua umum, dan sekretaris umum demisioner ditambah empat orang perwakilan MUI kecamatan, empat orang dari ormas Islam, dan satu orang MUI Provinsi Jawa Barat.

“Rapat tim formatur berjalan alot, dimulai dari jam 17.00 sampai 19.30 diselingi salat Magrib. Rapat form menghasilkan Ketua Umum Demisioner terpilih kembali dengan cara voting,” ungkap Bahrudin kepada Radar Depok, Selasa (12/11).

Diketahui, Ketua Umum MUI Kota Depok terpilih yaitu KH. Dimyati Badruzaman yang akan memimpin di periode 2019-2024.

Selain itu lanjut Bahrudin, sebelum adanya pengukuhan kader ulama MUI telah dilakukan pendidikan terlebih dahulu selama tiga hari di Cisarua Kabupaten Bogor. Dengan materi-materi sekitar peran ulama dan kiprahnya di masyarakat.

“Hal itu dilakukan agar mereka lebih mempunyai rasa tanggung jawab sebagai kader ulama, maka dikukuhkanlah,” tegas Bahrudin.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris berharap, terjalin sinergitas antara MUI dengan Pemkot Depok dalam mengusung visi Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius.

“Kita harapkan terus terjalin sinergitas antara MUI dan Pemkot Depok, sesuai visi Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius,” tutur Idris dalam sambutannya.

Terpisah, Pengurus Harian MUI Kota Depok, KH Ahmad Mahfudz Anwar mengatakan, walaupun Musda MUI Depok sempat berjalan alot tetapi situasi masih terkendali. Ia menilai, kepengurusan yang baru terpilih masih mengakomodir kandidat calon ketua umum MUI Depok, yang juga Rois Syuriyah PCNU Kota Depok, KH Syihabuddin Ahmad.

“Kami harap kepengurusan MUI yang baru ini nantinya bisa bekerja lebih baik lagi, dan dapat membawa suasana damai di Kota Seribu Maulid ini,” harap Mahfudz.

Menurut Mahfudz, dalam sidang Musda tersebut juga berkembang wacana agar MUI memprogramkan pembinaan kepada para muallaf. Sebab selama ini banyak orang masuk Islam, tetapi kurang pembinaan sehingga tidak mengetahui kelanjutannya. (rd)
Share:

0 comments:

Post a Comment